Monday, October 24, 2011

Membangun Model Informasi

1. Menentukan lingkup model informasi
Pertama :Dimensi harus didasarkan pada kebutuhan informasi bisnis
Contoh  : Mengkategorikan jenis produk yang berbeda dan model, segmen pasar, atau subjek.
Kedua   : Dimensi harus didasarkan pada kebutuhan penulis 
Contoh  : Mengkategorikan informasi oleh penulis,editor ID judul,pemberi persetujuan, tanggal asli, tanggal revisi, nomor versi, sumber dan sebagainya. 
Ketiga   : Mendasarkan pada dimensi kebutuhan pengguna
Contoh  : Mengkategorikan informasi dengan pekerjaan pengguna, tingkat keterampilan, pengalaman, bahasa, negara, dan sebagainya.
Model Informasi menyediakan terminologi (taksonomi) untuk mengidentifikasi semua elemen dalam repositori Anda. Salah satu manfaat yang tak terduga dari proses ini adalah menemukan peluang tambahan untuk meningkatkan konten anda, alur kerja, dan penggunaan kembali. Jauh lebih mudah dan lebih murah untuk menemukan peluang-peluang awal daripada kemudian dalam proses. Menggunakan keahlian kami kemungkinan akan mengakibatkan biaya masa depan secara signifikan lebih rendah.

2. Mengidentifikasi dimensi untuk model informasi
Jenis informasi menentukan jenis konten penulis Anda membuat dan bagaimana rincian terorganisir. Setiap jenis informasi akan didasarkan pada kebutuhan masyarakat pengguna Anda. Suatu khas jenis informasi untuk informasi teknis meliputi konsep, prosedur, dan modul referensi. Jenis informasi yang lebih spesifik dapat diperoleh dari jenis dasar. Sebagai contoh, organisasi Anda mungkin membutuhkan jenis informasi yang berbeda untuk prosedur pemeliharaan dan pengguna akhir prosedur.


3.  Menganalisis komunitas user pelanggan
    Tanpa analisis yang baik dari kebutuhan komunitas pengguna, model informasi cenderung mencerminkan organisasi dari produk, kepentingan perusahan host atau departemen organisasi internal, atau asumsi yang belum teruji dari penulis. Dalam menganalisa komunitas pelanggan anda, anda butuh memeriksa beberapa karakteristik :
  • Apakah pelanggan anda berada di negara-negara yang berbeda? Apakah kebutuhan informasi mereka berbeda karena karakteristik persyaratan atau budaya kusus negara?
  • Apakah mereka lebih nyaman membaca atau mendengar dalam bahasa mereka sendiri?
  • Apakan pelanggan anda mungkin bekerja dengan salah satu model produk anda pada suatu waktu? Apakah mereka membutuhkan informasi eksklusif tentang produk tersebut, tidak tercampur dengan model informasi lainnya?
  • Akankah mereka membutuhkan informasi yang mempertemukan beberapa produk?
4.     Menganalisis komunitas user karyawan
        Proses yang sama dari analisis pengguna berlaku ketika anda membangun model informasi dari informasi internal anda. Anda butuh menanyakan tentang kebutuhan informasi pengguna dalam organisasianda:
  • Informasi apa yang perlu di akses oleeh setiap komunitas pengguna dalam organisasi?
  • Apakah setiap orang perlu sumber informasi atau informasi dasar kebijakan perusahaan dan prosedur-prosedur?
  • Apakah beberapa pengguna butuh informasi yang spesific untuk departemen dimana mereka bekerja?
  • Kebutuhan pelatihan apa yang anda rekomendasikan dengan sumber informasi?

5.   Menganalisis tujuan dan tugas user
      Dengan memfokuskan pada tujuan pengguna dan tugas mereka, mereka butuh menunjukan untuk mencapai tujuannya, anda dapat memberikan alat navigasi yang mungkin akan lebih bersangkutan dengan cara dimana kebutuhan pengguna untuk mencari dan menggunakan informasi. Meskipun kategori dalam bentuk hirarki tradisional akan mengarah ke tugas - tugas.


6.   Menganalisis komunitas pembuatan

      Pembuatan akan perlu menempatkan topik topik informasi yang dapat mereka gunakan kembali dalam berbagai konteks untuk menyampaikan pada pelanggan atau karyawan atau menghasilkan topik baru berdasarkan pada topik yang ada dengan menetapkan hubungan antara topik-topik, sehingga kebanyakan rinciannya sama tetapi beberapa unik.
  

7.   Menginventorisir informasi yang ada

      Dalam hal ini anda perlu mempertimbangkan:
  • informasi apa yang perlu disampaikan dalam format yang ada  seperti print, HTML, atau PDF?
  • Informasi apa yang seharusnya tidak termasuk sama sekali dalam model informasi baru?
  • Informasi apa yang seharusnya ditambahkan secara spesifik untuk mendukung dynamic web delivery atau penggunaan kembali informasi yang lebih baik?

8.   Mengidentifikasi model informasi yang ada
      Banyak informasi yang perlu anda review yang akan mengatur dalam pengelompokan hirarki atau model informasi unik, tergantung pada referensi dari komunitas pembuatan. Contohnya, anda akan menemukan kumpulan model informasi dalam buku buku, maka topik akan mudah diterbitkan dan dikirim pada pengguna.


9.  Mengevaluasi keterkaitan baru

     Model informasi baru yang anda bangun, mungkin dapat menggantikan model yang ada. Anda akan menghapus informasi dari kumpulan  yang ada atau buku buku dan menggunakan topik untuk mengembangkan cara baru pengiriman yang paling responsif terhadap kebutuhan pengguna.

No comments:

Post a Comment